cari

Masyarakat Kendari Dihimbau Waspadai Bencana Banjir Dan Longsor

Kendari, Masyarakat kota kendari dan sekitarnya, diminta waspada terhadap bencana banjir dan tanah longsor, terkait meningkatnya intensitas curah hujan akhir–akhir ini. Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Adi Setiadi mengatakan, intensitas curah hujan di wilayah kota kendari dan sekitarnya, diperkirakan terus meningkat hingga Maret mendatang



Menurut Adi Setiadi, potensi banjir dan tanah longsor di kota Kendari, juga dipengaruhi oleh kedangkalan Teluk Kendari dan sungai-sungai kecil disekitarnya, akibat endapan tanah lumpur yang berasal dari wilayah pengunungan. Dijelaskan, jika hujan deras dengan periode waktu lama, bersamaan terjadi dengan air pasang laut, maka dikhawatirkan, puluhan sungai-sungai kecil di sekitar teluk, sulit menampung aliran air dari wilayah pengungan.

Kondisi tersebut diperkirakan meluapnya aliran air, sehingga merendam rumah warga terutama yang tinggal di bantaran sungai. Minimnya daerah daerah resapan di kotaKkendari, juga menjadi salah satu akibat, akan terjadinya bencana banjir. Namun demikian, Adi Setiadi menambahkan, hingga kini curah hujan di wilayah kota Kendari dan sekitarnya sejak awal 2010 lalu, masih tergolong ringan dan sedang, sehingga seluruh sungai-sungai kecil di sekitar teluk, masih dimungkinkan menampung aliran air yang berasal dari wilayah perbukitan.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika stasiun Maritim Kendari, juga memberikan peringatan cuaca buruk kepada nelayan dan pengguna kapal –kapal rakyat, karena ketinggian gelombang laut di sekitar teluk tolo kendari, teluk Bone hingga ke laut Maluku Bagian selatan, mencapai 2 hingga 3 meter. Menurut Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Adi Setiadi, kondisi ini sangat berbahaya, apalagi kecepatan angin di wilayah tersebut, mencapai kisaran 6 hingga 28 kilomter/jam.

Karena itu, Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, terus menghimbau para nelayan dan pemilik kapal-kapal rakyat, untuk mempergunakan peralatan Nafigasi saat berlayar, guna mempermudah menerima informasi perkiraan cuaca, yang disebarluaskan melalui radio–radio Pantai.

4 komentar:

term papers mengatakan...

it is make out by really great and hard work and really you give somthing is full of awesomeness

collegetermpapers mengatakan...

really interesting data shared here. A little bit in a hurry
term papers

Term Papers Writing Services mengatakan...

Beautiful

Term Papers mengatakan...

I just can’t stop reading this. It’s so cool, so full of information that I just didn’t know. I’m glad to see that people are really writing about this issue in such a smart way, showing us all different sides to it.

Master Thesis Writing Service

IKLAN