cari

KENDARI....!!! Gelombang Tinggi Perairan Mencapai 2-3 Meter

Berdasarkan prakiraan kondisi cuaca yang di keluarkan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, kondisi perairan laut di Sultra mengalami gelombang tinggi mencapai 2 - 3 meter. Hal ini berbahaya bagi pelayaran dan nelayan yang mnggunakan perahu tradisional.

Stasiun Meteorologi Maritim kendari menghimbau Nelayan dan pemilik kapal rakyat untuk berhati-hati. gelombang tinggi berpotensi terjadi pada perairan seperti teluk Bone dan perairan perairan Tukang Besi.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Adi Setiadi mengatakan, selain gelombang tinggi, kecepatan angin dengan 5 - 20 knot/jam juga berpotensi terjadi di perairan tersebut.



Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari mengingatkan nelayan dan pengguna jasa pelayaran untuk mewaspadai cuaca di perairan Laut Banda karena ketinggian geLombang diperkirakan sekitar tiga meter.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Addi Setiadi di Kendari, Sabtu, mengatakan, kecepatan angin di Laut Banda yang akan bertiup dari tenggara ke selatan antara 7-21 kilometer/jam.

Cuaca mengancam dengan ketinggian gelombang mencapai 2,8 meter juga diramalkan terjadi di Laut Maluku bagian Selatan dan perairan Aru Tual, kata Addi Setiadi . Kecepatan angin di Laut Maluku bagian Selatan yang akan bertiup dari arah tenggara ke selatan diperkirakan 6-20 kilometer/jam sedangkan kecepatan angin di perairan Aru Tual yang akan bertiup dari tenggara ke selatan antara 6-22 kilometer/jam.

Ketinggian gelombang di perairan Masilina Doang Doang, Tukang Besi dan Teluk Tolo Kendari diperkirakan mencapai 2,3 meter. Kecepatan angin di perairan Masilina Doang Doang dan perairan Tukang Besi yang bertiup dari arah timur ke selatan antara 5-22 kilometer/jam. Kecepatan angin di Teluk Tolo Kendari yang akan bertiup dari arah tenggara ke selatan diperkirakan antara 6-18 kilometer/jam.

BMG juga memperkirakan kondisi cuaca dengan gelombang setinggi dua meter akan terjadi di perairan Pantai Balikpapan Tanah Grogot, Selat Makassar, perairan Majene Paotere, Sabalana Selayar dan Laut Seram.

Kecepatan angin di perairan Pantai Balikpapan Tanah Grogot, Selat Makasar dan Laut Seram yang akan bertiup dari arah tenggara ke barat daya antara 5-21 kilometer/jam. Kecepatan angin di perairan Sabalana Selayar dan Majene Paotere yang akan bertiup dari arah timur ke selatan antara 5-20 kilometer/jam. Prakiraan Stasium Meteorologi Maritim Kendari berlaku selama 2 x 24 jam pada tanggal 02 sampai 03 Januari 2010.(Ant)


0 komentar:

IKLAN