cari

BERBAGAI KEKURANGAN LINUX



Tulisan ini membahas tentang kekurangan yang dimiliki oleh linux.mungkin ada pertanyaan sebelumnya akan mengganjal,terutama teman teman saya.

langsung saja ya,linux adalah sistem operasi yang free,begitu banyak kelebihan dari sistem operasi ini, namun kali ini, sekali lagi saya sebisa mungkin akan ojektif dalam membahas linux. Dengan segala kelebihannya, bagaimanapun linux adalah hasil karya manusia,tentunya juga ada kurangnya bukan.


1.Terlalu banyak pilihan Distro

ini adalah salah satu kekurangan linux yang pertama, terutama bagi pengguna baru. Banyaknya distro yang mencapai ratusan membuat para pemula dilinux atau orang yang ingin bermigrasi kelinu harus pusing memilih distro yang cocok untuk keperluannya. Banyaknya pilihan distro ini kalau mau dijabarkan lagi akan makin kelihatan, misalnya masing masing ditro membuat manajemen paket yang berbeda, paket yang berbeda, pengguna yang berbeda, tool administarasi yang berbeda dan seterusnya.


2. Minimnya dukungan teknis resmi

Linux dikembangkan oleh komunitas, maka linux datang dengna dukungan komunitas, bagi pengguna biasa, hal ini tentunya bukan masalah, namun bagaimana dengan pengguna kantoran, perusahaan atau kantor pemerintah? ini merupakan masalah besar, karena software di kalangan tersebut dipakai untuk produktifitas dan bahkan diantaranya menangani sistem kritis, seperti perbankan. Seandainya ada dukungan teknis pun biasanya cukup mahal,misal dukungan dari redhat ataupun suse.



3. Banyaknya istilah teknis.

Linux merupakan salah satu keluarga sistem opeasi UNIX. Oleh karenanya kebanyakan pengguna adalah administrator jaringan ataupun orang yang suka ngoprek linux. Bagi kebanyakan pemakai komputer, linux penuh dengan istilah yang terkesan rumit dan terlalu teknikal. Dengan ini,orang cenderung menganggap linux begitu susah untuk dipelajari.

4. Kurangnya dukungan dukungan hardware.

Ini juga salah satu kendala utama dari linux. Walaupun dukungan hardware di linux makin hari makin baik, namun untuk device tertentu seperti wifi, dukungan linux masih terbatas, begitu juga dengan hardware keluaran terbaru. Biasanya tidak bisa dijalankan dilinux. Seandainya bisapun, penggunaan hardware tersebut tidak optimal karena umumnya hardware dikenali sebagai periferal generik.

4. Minimalnya aplikasi Killer.

Sedikti sekali sofware dilinux yang sejajar kemampunanya dengan aplikasi sejenis di windows, sebenarnya linux mempunyai begitu banyak aplikasi(silahkan cek freshmeat.net atau sf.net) namun umumnya software yang dirilis masih berupa alpha atau beta, RC, intinya bukan untuk keperluan produktif.sebagian dari software free dilinux lebih banyak diisi oleh software untuk server dan pengembanga software.

5. GAME

Belum ada perusahaan game sekelas Blizzard, EA Sports, dsb yang menyediakan gamenya dalam versi non-Windows. Mereka seolah-olah hanya mengenal satu sistem operasi, Windows. Hal ini bisa dimaklumi karena pasar sistem operasi sekarang masih dikuasai oleh Microsoft.(BETUL SEKALI)

6. BELUM BANYAK PENGGUNA LINUX

Dengan Windows, saat Anda mengalami masalah, Anda bisa langsung bertanya siapapun apakah pernah mengalami masalah yang sama. Hal ini dikarenakan hampir semua orang di bumi ini tahu dan menggunakan Windows.

7. MEREPOTKAN


Tidak begitu mudah untuk digunakan (not very user friendly) dan membingungkan bagi pengguna.

8. MAAF YAH PENGGUNA LINUX. ini cuma bagian dari apresiasi rasa, dengan ini mudah2han linux bisa lebih baik lagi dan bisa sebesar WINDOWS saat ini, amin....

3 komentar:

Term Papers mengatakan...

Nice post.

Elfrida Chania mengatakan...

Awalnya pingin nyoba ganti OS ke Linux tapi kayaknya aku masih tetep cinta Windows 7 haha :D

Anonim mengatakan...

Intinya mah kalo ga dimulai dari sekarang yo sampe nanti juga bakal dilema. Linux tidak seburuk itu kok. BlankOn yang dikembangkan YPLI dan rekan-rekan pengguna Linux di Indonesia bisa jadi pilihan yang sesuai kebutuhan.

Fokuskan terhadap salah satu distro dan rajin mengikuti perkembangan, insya Allah tidak tersesat, hehe.

IKLAN