cari

Garuda Masuk Kendari, Landasan Diperpanjang

Saat ini panjang landasan pacu Bandara Woltermonginsidi (WMI) Kendari baru 2100 meter dan lebar 30 meter. Nah, dengan masuknya sejumlah maskapai penerbangan baru termasuk PT Garuda Indonesia, tahun ini bakal ditambah menjadi 2250 meter dan lebar 45 meter. Bahkan, 2010 nanti landasan pacu bakal ditambah 2500 meter. “Anggaran penambahan landasan pacu dan fasilitas lainnya bakal menelan dana sebesar Rp 36 miliar. Jumlah itu berasal dari APBN,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Hery H.Silondae kemarin.

Dengan semakin luasnya landasan pacu dan pengembangan fasilitas terminal, nantinya bandara WMI menjadi satu dari 10 bandara yang mewah di Indonesia. Sehingga fasilitas ini akan menarik para pengunjung, termasuk jumlah maskapai penerbangan. “Di bulan Maret 2009 nanti, Air Asia akan masuk Kendari. Saat ini mereka sedang melakukan survei. Semakin maraknya jasa penerbangan tentunya harus mendapatkan dukungan kemajuan fasiltias,” paparnya.

Selain dana APBN, APBD juga memberikan anggaran untuk WMI, namun pengunaannya sebatas pada biaya operasional bandara. Fasilitas lain yang akan dikembangkan untuk kenyamanan pengguna bandara, yakni perbaikan hotel di WMI. Ini mengingat semakin banyaknya pengunjung di Kendari. Khususnya mereka yang melakukan kegiatan investasi di Kendari. “Dengan kenyamanan fasiltas, tentunya akan mempermudah mereka beraktivitas,” tambahnya.
www.sultra.go.id

0 komentar:

IKLAN